Web Hosting

TV ONLINE

Selasa, 17 Mei 2011

Razia Galian C, Satpol PP Bukan Gertak Sambal


NGAWI - GEGANA: Gebrakan Korp (satuan,red) penegak Peraturan Daerah (Perda) buktikan fungsinya, Kamis (05/05/2011) tepat pukul 10.30 wib berkaitan dengan diadakanya operasi sedot pasir mekanik di Dusun Pojok, Desa Banjarbanggi, Kecamatan Pitu Ngawi. Satpol PP mengerahkan 15 personel yang dipimpin Peggy Yudho Subekti,Ss.Tp,Mh. Dengan tegas petugas ini menyodorkan surat pernyataan yang isinya bahwa, pemilik lahan maupun mesin diminta menghentikan kegiatan yang dianggap melanggar peraturan daerah.Selain pembangkangan terhadap Perda (peraturan daerah,red) Propinsi Jawa Timur, kegiatan tersebut diindikasikan bisa merusak lingkungan. Pada mulanya situasi di TKP sempat ada perlawanan, sekitar 30 warga hendak membuat geger, namun keadaan bisa dikendalikan.
Menurut Kepala Satpol PP Kabupaten Ngawi, Susilo Utomo melalui Kasi Pengendalian Operasional, Peggy Yudho Subekti  menjelaskan secara hukum memang melanggar. ”Secara Yuridis Formal kegiatan tersebut tidak diperbolehkan, artinya dalam peraturan perundang-undangan sudah jelas diatur,” tegas Peggy pada wartawan gegana.
Masih menurutnya, diuraikan dalam aturan ini meliputi Perda Provinsi Nomor 1
Tahun 2005 tentang pengendalian usaha pertambangan bahan galian golongn C, Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang pengelolaan lingkungan hidup, Perda Kabupaten Ngawi Nomor 30 Tahun 2002 tentang retribusi ijin pertambangan bahan galian golongan C, jelentrehnya.
”Sementara ini kami lebih mengedepankan tindakan persuasif artinya kita buat surat pernyataan dulu untuk tidak akan mengoperasikan mesin sedot pasirnya lagi, karena kegiatan tersebut memang diakui masyarakat, aparat kecamatan, maupun perangkat desa sangat berdampak pada lingkungan dengan merusak ekosistem bahkan menyebabkan erosi,” tegas Peggy. Dan data pemilik alat mekanik tersebut Palut (50) dan Yusuf (51) warga Desa Banjarbanggi.(yto/tim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kapan Negara ini Bebas dari Korupsi????

Pengikut

Mengenai Saya

Gresik, Jawa Timur, Indonesia
MENGGALI POTENSI, MENAMPUNG ASPIRASI, MENYEBAR INFORMASI